Pengantar Multimedia
ž Yaitu interaksi antara
teks, suara, gambar statis, animasi dan video (perry, 1994)
ž Ditinjau dari kata
pembentukannya, multimedia berarti melibatkan berbagai media.
ž Aplikasi Multimedia
- Presentasi
bisnis
- Pelatihan
berbasis komputer
- Hiburan
- Pendidikan
- Penyajian
informasi
- Kios
interaktif ( toko online )
ž Beberapa komponen
multimedia yang digunakan :
- Kartu Suara
- Speaker
- Mikropon
ž Peralatan yang
digunakan untuk membangaun suatu aplikasi multimedia dapat dilihat di gambar
ini
Elemen Multimedia
ž Teks
Merupakan bentuka media yang paling umum digunakan dalam neyajikan informasi,
baik model baris perintah ataupun GUI.
ž Suara
• Suara
merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu
• Suara
pada komputer disimpan dengan berbagai format
- Midi
- WAVE
- MP3
- WMA, dll
ž Gambar Statis
- Berbagai
format gambar yang telah diimplementasi dalam sistem komputer:
– BMP
– CDR
– GIF
– JPG
– PNG
– TIFF
– PCX
- Berbagai
perangkat lunak untuk membuat gambar statis
– Adobe Photoshop
– Coreldraw
– Paint,dll
ž Animasi
• Merupakan
teknik untukm membuat gambar yang bergerak.
• Contoh
aplikasi sederhana untuk membuat animasi Ulead GIF Animator.
• Film-film
di layar televeisi pada saat ini banyak yang menggunakan teknik animasi
ž Video
• Aplikasi
sederhana untuk membuat film dengan format AVI yaitu Adobe Premiere, Windows
Movie Maker
• Format
berbagai video:
– AVI
– MOV
– MPEG, dll
Virtual Reality
• Virtual
reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer
(computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau
benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan Virtual
reality terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada
sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa
simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara
melalui speaker atau headphone.
• Singkatnya
Virtual reality yaitu teknologi yang memungkinkan seorang melakukan suatu
simulasi terhadap suatu obkek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu
membangkitkan suasana tiga dimensi (3D) sehingga pemakai seolah-olah terlibat
secara fisik.
• Digunakan
pada perancang obat, Arsitek, Insinyur , pekerja medis, pilot,dll.
• Peranti
Virtual Reality
– Glove
– Headset
– Walker
Cara kerja Virtual Reality :
ž Pemakai melihat suatu
dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
ž Melalui perangkat
headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis.
ž Melalui headset,
glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh
sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah
merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun
secara psikologis.
Aplikasi Virtual Reality
• Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe
semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan
pemeliharaan
• Arsitektur
Perancangan
gedung
• Militer
Pelatih
(pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
• Kedokteran
Pelatihan
pembedahan, terapi fisik
• Penelitian
/ Pendidikan
Studi
tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks
• Hiburan
Museum virtual, permainan balap, simulasi
pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll
Efek Negaif Virtual Reality
ž Orang yang menggunakan
virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag,
Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
ž Penderita akan
merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang
penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality
walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.
You might also like:
0 komentar:
Posting Komentar